BKM dan Komunitas

 

Fakultas Psikologi UGM mewadahi kegiatan kemahasiswaan dalam berbagai bidang, seperti lembaga kemahasiswaan, keagamaan, kesenian, jurnalistik, dan relawan. Kegiatan kemahasiswaan tersebut mendukung kurikuler dan nonkulikuler sehingga prestasi akademis dan nonakademis mahasiswa dapat bersinergi. Fakultas Psikologi UGM memiliki delapan Badan Kegiatan Mahasiswa (BKM) dan beberapa komunitas.

 

  • Keluarga Muslim Psikologi (KMP)

KMPPemilihan nama Keluarga Muslim Psikologi adalah sebagai wujud penekanan bahwa komunitas muslim yang ada di Psikologi memiliki sebuah keluarga yang dari sana bisa bersama-sama berkegiatan menyebarkan kebaikan di Psikologi. Penekanan pada kebersamaan menjadi nilai-nilai istimewa dalam keluarga Muslim Psikologi.  KMP terus berkembang hingga saat ini yang terdiri dari tiga bagian keluarga, SKI KMP, IPLF, dan Nuansa. SKI KMP (Sentra Kerohaniaan Islam KMP) memiliki fokus pada kegiatan-kegiatan syiar Islam di Fakultas Psikologi dengan kegiatan besarnya Ramadhan di Psikologi (RdP) dan kegiatan Idul Adha. Nuansa adalah bagian dari KMP yang memiliki fokus kegiatan pada dunia pendidikan anak secara Islami. IPLF adalah tempat mahasiswa muslim Psikologi berkegiatan  mengembangkan keilmuan psikologi terutama Psikologi Islam.

  •  Lembaga Mahasiswa Psikologi UGM (LMPsi UGM)

LM_PsiLembaga Mahasiswa  Psikologi merupakan unit kegiatan mahasiswa yang tidak hanya menjadi wadah aspirasi, tetapi juga sekaligus menjadi wadah mengembangkan kemampuan soft skill bagi mahasiswa Psikologi UGM. Hal ini sesuai dengan visi LMPsi yaitu membangun keluarga LMPsi yang sinergis dan aspiratif untuk semua mahasiswa Psikologi UGM, khususnya S1. Terdapat tujuh departemen dalam struktur kepengurusan LMPsi yaitu PSDMO (Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Organisas), AKPROF (Akademi dan Profesi), HUMAS (Hubungan Masyarakat), Vosma (Advokasi Mahasiswa),  MB (Minat Bakat), PM (Pengabdian Masyarakat), dan Kewirausahaan. Tidak hanya berpartisipasi dalam kegiatan internal kampus, LMPsi UGM juga turut andil dan terdaftar dalam Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS) bertaraf nasionalyang bernama Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia. Program kerja yang dimiliki LMPsi UGM sangat beragam, diantaranya adalah School Goes to Psychology, Tour D’ Ghrasia, Panti Binaan, Ceker of the Day, Dongkrak, Seminar Beasiswa, Psychology Basketball Futsal Competition, dsb. LM Psikologi memiliki satu nilai yang dijunjung bersama yaitu SATU CITA!!

  •  Badan Penerbitan Pers Mahasiswa Psikomedia (BPPM Psikomedia)

psikomedia471BPPM Psikomedia merupakan satu-satunya badan pers di Fakultas Psikologi UGM yang berdiri sejak 21 April 1987. Beberapa produk terbitannya adalah Buletin Siklus dan Majalah Psikomedia. Buletin Siklus merupakan salah satu terbitan BPPM Psikomedia yang terbit setiap dua bulan sekali. Buletin ini mengungkap permasalahan yang terjadi, khususnya di Fakultas Psikologi. Terdapat lima divisi dalam BPPM Psikomedia yaitu, Divisi Redaksi, Divisi Penelitian dan Pengembangan, Divisi Hubungan dan Jaringan, Divisi Perusahaan, dan Divisi Desain dan Produksi. Selain aktif dalam kegiatan penerbitan, tetapi BPPM Psikomedia juga aktif melakukan kegiatan non-penerbitan seperti, Diskusi Publik, Seminar Jurnalistik, Workshop Jurnalistik dsb. Di sini kita bisa belajar untuk berpikir kritis, menulis, berorganisasi, mengeksplorasi diri dan tidak lupa berbagi kebahagiaan.

  •  Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK)

pmkBadan Kegiatan Mahasiswa ini disebut dengan Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK). PMK Psikologi terbentuk karena adanya kebutuhan untuk berkumpul dan bersekutu di dalam Tuhan di antara mahasiswa-mahasiswi Kristen Psikologi. Ruang Sekretariat PMK berpusat dan berkedudukan di Sekretariat Bersama Gedung F Fakultas Psikologi UGM. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan PMK berdasar pada Firman Tuhan dalam Alkitab dan berasaskan kekeluargaan, kebersamaan, dan cinta kasih antar anggota.

  •  Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK)

kmkKeluarga Mahasiswa Katolik Psikologi UGM adalah salah satu BKM berbasis keagamaan yang ada di Gedung F Fakultas Psikologi. KMK merupakan wadah bagi mahasiswa yang beragama Katolik untuk berkarya dan berproses untuk menjadi pemimpin yang berkompeten, berhati nurani dan berkepedulian besar bagi sesama. Kegiatan rutin yang dilakukan antara lain perayaan hari besar umat Katolik seperti Natal dan Paskah, pendalaman iman setiap minggu, weekend untuk penyambutan anggota KMK yang baru dan banyak kegiatan lainnya.

.

  •  Pecinta Alam Psikologi (PALAPSI)

PALAPSIPalapsi merupakan Badan Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. Palapsi telah beberapa kali mengadakan ekspedisi di beberapa lokasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Aktivitas Palapsi mencakup kegiatan penjelajahan yang diwadahi oleh Divisi Air (cth: rafting, kayaking, dll), Divisi Tebing (cth: panjat tebing), Divisi Gunung (cth: camping, trekking, dll), dan Divisi Caving (cth: penelusuran goa, pemetaan goa, dll) yang berada di bawah Bidang Operaional. Selain itu, Palapsi juga memiliki Bidang Non-Operasional, yang terdiri dari Divisi Perlengkapan & Logistik serta Divisi Pustaka & Dokumentasi, dan juga Bidang Penunjang, yaitu: Divisi Dana, Divisi Humas, dan Divisi Jurnalistik. Sebagai sebuah BKM, Palapsi juga tidak hanya membatasi ruang gerak mereka pada kegiatan pecinta alam saja, namun juga merambah pada kegiatan pengembangan diri melalui Bidang Pemberdayaan yang membawahi Divisi Pelatihan & Pengembangan, dan Divisi Penelitian & Pengabdian Masyarakat.

  •  Keluarga Rapat Sebuah Teater (KRST)

krstKeluarga Rapat Sebuah Teater atau yang lebih sering disebut sebagai KRST merupakan satu-satunya BKM yang bergerak mewadahi minat dan bakat mahasiswa Psikologi UGM dalam bidang seni. KRST, yang berlokasi di Gedung F No. 06, memiliki beberapa divisi yang disebut sebagai trah, yaitu Trah Seni Pertunjukkan (Keaktoran, Musik, Tari, serta Tata Panggung dan Lighting), Trah Seni Rupa, dan Trah Seni Media Rekam. KRST memiliki sebuah Pentas Besar (PENBES) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta dengan mengangkat cerita-cerita berbau psikologis yang dekat dengan masyarakat. Selain PENBES, KRST juga memiliki event lainnya, seperti Psychart, Panggung Bebas, Pentas Kecil, KPDYTC, Diklat, dan Ngunduh Mantu. Selesai berkegiatan anggota keluarga KRST selalu menyatukan tangan dalam lingkaran dan meneriakkan, “KRST MASUK AKAL, GO!”, karenanya: Salam MASUK AKAL!

  •  REPSIGAMA (Relawan Psikologi Gadjah Mada)

repsigamaREPSIGAMA adalah anggota baru BKM Psikolgi UGM yang di resmikan dengan Surat Keputusan Dekan pada tanggal 3 FebruarI 2012. Organisasi ini berawal sejak terjadi bencana merapi pada tahun 2010, dan karena relawan di bidang psikologi dibutuhkan maka para mahasiswa membentuk sebuah gerakan sosial untuk membantu korban bencana merapi, terutama secara psikologis.  REPSIGAMA adalah sebuah organisasi dari sekumpulan orang yang mempunyai prinsip rela membantu sesama, dengan pertolongan-pertolongan yang memulihkan dan memberikan bantuan psikologis. Di tubuh organisasi ini ada pengurus inti dan empat divisi, yaitu PM (pengabdian masyarakat), Finance, PSDM (pengembangan sumber daya manusia), Kominfo (komunikasi dan informasi). REPSIGAMA bertujuan dan berusaha untuk memfasilitasi kebutuhan psikologis korban akibat bencana alam, serta memberikan pendampingan psikologis untuk mengurangi potensi kerentanan psikologis. Pray for the best and prepare for the worst adalah semangat REPSIGAMA. Prepare to care!

  •  Forum Komunitas Olahraga

Forum Komunitas Olahraga adalah sebuah wadah untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa Psikologi UGM dalam bidang olahraga. Forum ini memiliki kedudukan langsung dibawah Lembaga Mahasiswa Psikologi (LMPsi) UGM namun bersifat semi-independen dengan memiliki kepengurusan sendiri. Pada periode ini, Forum Komunitas Olahraga diketuai oleh ketua 1 LMPsi UGM, juga terdapat seorang Sekretaris dan seorang Bendahara. Forum ini terdiri dari lima komunitas olahraga dengan setiap komunitas memiliki manager dan kapten masing-masing. Lima komunitas tersebut adalah Futsal Putra, Futsal Putri, Basket Putra, Basket Putri dan Bulutangkis. Beberapa prestasi Futsal Putra antara lain: juara III kejuaraan antar Psikologi se-Indonesia tahun 2010, juara II Turnamen Selma Cup tahun 2011, juara II kejuaraan antar Psikologi se-Jabodetabek tahun 2013, juara II kejuaraan antar Psikologi se-Jateng DIY dan masih banyak lagi. Beberapa prestasi Futsal Putri antara lain: juara II Porsenigama 2011, juara II Deconolympic 2011, juara I Psychocup 2012, juara I Justicia Cup 2012. Beberapa prestasi Bakset Putra:  juara I Eskpose Undip, Semifinalis Psychology Cup 2011, juara III Xperia UII 2012, juara I  Undip Cup 2012, dan juara II Espose Undip 2013.

  •  Psikolens (Psikologi dalam Lensa)

Psikolens adalah komunitas fotografi di lingkungan Psikologi UGM yang terbuka bagi semua mahasiswa/i. Komunitas ini bertujuan sebagai wadah pecinta dan pelaku fotografi di kalangan kampus Psikologi UGM. Kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan oleh Psikolens, antara lain belajar bersama tentang pengambilan foto yang benar dan baik (kelas fotografi), hunting bersama, dan pameran hasil karya. Tenaga pendidik dari kelas fotografi ini adalah seorang fotografer dari GG Model Yogyakarta. Project yang sedang dikerjakan oleh Psikolens adalah pameran foto-foto terbaik dari anggota Psikolens. Dalam project ini, Psikolens mengabadikan momen bermakna mengenai apapun yang didapatkan masing-masing anggota untuk di share kepada seluruh civitas Fakultas Psikologi UGM.

Semua Badan Kegiatan Mahasiswa tersebut tergabung dalam satu forum yang bernama Forum Komunikasi Badan Kegiatan Mahasiswa dan Pengurus Angkatan (FORKOM) Fakultas Psikologi UGM. FORKOM adalah badan perwakilan yang berfungsi sebagai wadah koordinasi dan berdiskusi antar ketua BKM dan ketua angkatan serta sebagai wujud kultur kekeluargaan Fakultas Psikologi UGM.

bkm

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *