Pentingkah OSPEK?

Bukan hal yang asing lagi ketika telinga kita mendengar kata OSPEK, terutama untuk siswa-siswa yang baru saja mentas dari bangku sekolah dan akan memasuki perguruan tinggi. Ospek yang merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus adalah salah satu kegiatan yang membawa mahasiswa baru untuk beradapatasi dengan lingkungan barunya. Selain itu , ospek juga dapat membentuk karakter mahasiswa untuk kedepannya. Baik buruk karakter mahasiswa nantinya terkait dengan baik buruk pelaksanaaan ospek tersebut.

Ospek merupakan kegiatan non-struktural pada kampus yang bermanfaat. Bagaimana tidak, dengan ospek kita dapat mengenal kehidupan kita yang baru, pastinya akan berbeda dengan kehidupan kita saat menjadi bagian dari pelajar. Perbedaan yang cukup signifikan inilah yang menjadikan pentingnya ospek dilaksanakan. Lingkungan kampus yang luas, sistem akademik kampus, fasilitas kampus, tata tertib kampus, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kampus akan dicoba untuk disosialisasikan kepada mahasiswa baru terlebih dahulu melalui ospek tersebut agar nantinya mahasiswa tidak terkejut dalam menghadapinya. Tidak hanya masalah kampus, di dalam ospek itu sendiri kita juga bisa menemukan hangatnya kebersamaan dan eratnya kekeluargaan. Dimana kita akan mendapatkan teman-teman baru yang akan bersama berjuang dengan kita juga keluarga yang nantinya akan saling melengkapi saling membantu kita disaat kita membutuhkannya.

Sayangnya karena oknum-oknum tertentu, ospek menjadi nampak negatif dan menyeramkan. Sehingga banyak mahasiswa yang menganggap ospek itu bukan hal yang penting untuk diikuti. Mereka menganggap ospek hanyalah bentuk balas dendam dari pengalaman senior pada saat mereka melaksanakan ospek. Hal ini yang perlu ditekankan kepada mahasiswa baru, bahwa ospek bukanlah hal yang negatif dan menyeramkan. Tidak semua pelaksnaan ospek seperti apa yang diberitakan. Pelaksanaan ospek adalah murni kegiatan positif untuk menunjang kegiatan kampus lainnya demi kepentingan mahasiswa baru itu sendiri. Dan sudah bukan jamannya lagi ospek dengan kekerasan hingga menimbulkan trauma ataupun kematian. Ospek yang baik adalah ospek yang berjalan dengan nyaman, aman, dan penuh dengan kebahagiaan. Tidak akan pernah merasa dirugikan mengikuti ospek, ospek itu salah satu pengalaman yang tidak akan bisa terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *